PELATIHAN PRINSIP GCP & PROTOKOL SURVEILANS ROTAVIRUS TAHUN 2022

Photo Pelatihan Prinsib GCP dan Protokol Surveilans Rotavirus

Tim studi Surveilans Diare Rotavirus pada Anak Balita Tahun 2022 melakukan Pelatihan Prinsip Good Clinical Practice (GCP) dan Protokol pada tanggal 09 dan 10 Maret 2022 secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh tim site dari dua lokasi site penelitian yaitu dari RS Brayat Minulya Surakarta dan RS PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten. Tim site yang mengikuti pelatihan merupakan tim site terdiri dari dokter, perawat, dan bidan di bangsal anak di lokasi penelitian.

Pelatihan pada hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 09 Maret 2022 jam 15:00 sampai dengan 17:00 WIB. Acara diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi yang meliputi Prinsip Good Clinical Practice (GCP), Good Documentation Practice (GDP), dan Specimen Handling. Pelaksanaan pelatihan pada hari kedua dilakukan pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2022 jam 15:00 sampai dengan 17:00 WIB. Materi pelatihan meliputi Protokol Penelitian, Ethical Clearance, Izin Penelitian dan Instrumen Penelitian serta Sampel collection and storaging. Penyampaian materi Sampel collection and storaging dilakukan melalui pemutaran video. 

Sebagai refleksi pembelajaran atas materi protokol penelitian, dalam materi Protokol Penelitian disajikan juga quick test tentang eligibilitas rekrutmen dengan beberapa contoh kasus. Dari kegiatan ini, diperoleh pemahaman bersama atas beberapa kesulitan atau keraguan dalam melakukan rekrutmen yang sering ditemukan di site. Dalam pelatihan ini, seluruh peserta pelatihan mengikuti simulasi pengisian instrumen penelitian yang dilakukan secara online menggunakan google from. Kegiatan simulasi ini juga sebagai refleksi pembelajaran bagi seluruh peserta dalam memahami semua isian dokumen instrumen penelitian dan cara pengisiannya. Seluruh peserta yang mengikuti secara penuh disediakan sertifikat pelatihan (RPM).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.